Close Menu

Halo!

Silahkan ketik kata kunci yang ingin Anda cari.

Seminarkan Aksi Perubahan Bertajuk Samperin Langsung

2/09/2023
Uncategorized
MASTER
Image


PONTIANAK-Kepala UPT Pelayanan Pendapatan Daerah Pontianak Wilayah I Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Kalimantan Barat Edy Gunawan menyelesaikan seminar laporan aksi perubahan pada Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan V di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kalbar. Layanan perubahan yang diseminarkan bertajuk “Samperin Langsung”.

“Pelatihan Kepemimpinan Administrator Angkatan IV dan V di BPSDM Kalbar diikuti perwakilan dari OPD di kabupaten kota Kalbar. Terdapat dua angkatan dengan jumlah peserta 86 orang. Perwakilan dari Bapenda Kalbar sendiri ada empat orang,” ujar Edy Gunawan.

Ke empat perwakilan Bapenda Kalbar tersebut adalah para Pejabat Administrator diantaranya Sekertaris Bapenda, Kepala UPT PPD Wilayah Singkawang, Kepala UPT PPD Wilayah Sintang dan Kepala UPT PPD Pontianak Wilayah I.

Edy sendiri dalam penyelesaian seminar laporan aksi perubahan membuat terobosan Samperin Langsung yang merupakan upaya perluasan akses bayar kepada Wajib Pajak Kota Pontianak dan Kabupaten Kubu Raya oleh UPT PPD Pontianak Wilayah I.

Dijelaskan Edy Samperin Langsung menerapkan pola pelayanan dengan mendatangi langsung lokasi Wajib Pajak sesuai dengan permohonan reservasi pada sistem reservasi online yang terintegrasi pada website UPT PPD Pontianak Wilayah I.

Edy melanjutkan, Samperin Langsung pada jangka pendek fokus pada pelayanan Pajak Kendaraan Bermotor (tahunan) dengan ketentuan jumlah unit kendaraan dan nominal yang menjadi syarat batas minimum untuk diberikan pelayanan.

Samperin Langsung tambah Edy juga telah menerapkan metode bayar dengan fasilitas QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dan EDC (Electronic Data Capture) yang didukung Bank Kalbar sebagai Rekening Kas Umum Daerah Provinsi Kalbar.

Saat pemaparan seminar Samperin Langsung didukung langsung Kepala Bapenda Kalbar yang sekaligus menjadi mentor.(**)

###   Sebarkan